Solidworks Customize Menu: Penyesuaian untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Desain Secara Signifikan

Solidworks Customize Menu: Penyesuaian untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Desain Secara Signifikan

Admin kai-bekasi


Apa Itu Customize Menu?

Dalam setiap melakukan pekerjaan desain menggunakan Solidworks, kita pasti tidak ingin pekerjaan yang kita lakukan melampaui waktu yang sudah ditentukan. Penyelesaian pekerjaan yang melampaui deadline tentunya dapat mengurangi kepercayaan. Oleh karena itu, langkah yang efektif sangat diperlukan guna mempercepat proses kerja.
Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas proses kerja adalah dengan mengatur menu yang sesuai. Dengan menu yang sesuai kita dapat melakukan kerja lebih cepat karena tidak harus mencari-cari menu yang kita perlukan. Semuanya sudah tersedia, lebih dekat dan terorganisir dengan baik.
Pengguna Solidworks dapat melakukan penyesuaian (customize) menu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hampir semua menu dalam Solidworks dapat kita atur, pastinya sesuai dengan yang kita inginkan.

Apa Keuntungan Customize Menu dalam Menggunakan Solidworks?

Bayangkan saat kita akan menggunakan suatu perintah (command), namun diperlukan berkali-kali klik untuk menemukan perintah tersebut. Pastinya pekerjaan kita akan menghabiskan waktu yang lama dan terasa sia-sia. Apalagi jika kita harus melakukannya berulangkali, maka waktu yang terbuang percuma akan semakin bertambah.
Dengan menu yang di-customize, langkah yang diperlukan untuk melakukan perintah yang sama akan berkurang secara drastis dengan akurasi yang tinggi. Kita tidak perlu lagi melakukan beberapa klik untuk memperoleh perintah yang akan dieksekusi. Cukup dengan mengarahkan mouse pada lokasi yang sudah kita seting sebagai tempat perintah yang kita inginkan.
Dipastikan kita bisa menghemat waktu pengerjaan desain menggunakan solidworks jika mampu mengatur menu yang kita butuhkan berada pada lokasi yang mudah dijangkau.

Menu Apa Saja yang Bisa di-Customize?

Hampir semua menu yang ada pada Solidworks dapat kita customizeMenu Bar, Command Manager, serta Menu Klik Kanan pun kita dapat atur sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Meng-Customize Menu yang Sesuai?

Menu Bar

Menu Bar berada di bagian paling atas pada layar, berisi menu FileEditViewInsert, ToolsWindow, dan Help. Setiap Menu bisa kita customize sesuai kebutuhan. Untuk meng-customize Menu Bar, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Meng-Customize Menu New

Pada saat kita klik Menu File, maka beberapa sub-menu akan muncul.
Perhatikan pada sub-menu paling bawah.
Klik Customize Menu.
cust_menu
Tampilan akan menjadi seperti di bawah ini.
cust_menu
Sub-Menu yang dicentang berarti akan ditampilkan pada Menu File, begitupun sebaliknya.
Kita bisa mengatur sub-menu yang kita butuhkan untuk ditampilkan pada Menu File. Sub-menu yang ingin ditampilkan diberi centang, sedangkan sub-menu yang  tidak ingin ditampilkan, dihilangkan tanda centangnya.

2. Meng-Customize Menu EditViewInsert, ToolsWindow, dan Help

Seperti halnya Menu File, dengan cara yang sama kita bisa meng-customize menu lainnya.

Command Manager

Command manager berupa tab-tab yang berisi tools untuk mengedit part, assy, dan drawing. Kita bisa mengatur Menu Tab dan juga perintah-perintah yang kita perlukan.
Untuk mengatur Menu Tab, kita bisa lakukan dengan cara meng-klik kanan pada menu tab yang mana saja seperti contoh di bawah ini.
cust_menu
Pada contoh di atas ada 6 menu tab yang diberi tanda centang. Artinya keenam menu tab tersebut ditampilkan di layar. Jika dirasa perlu, kita bisa mengatur dengan menambah atau mengurangi menu tab yang ada dengan memberi atau menghilangkan tanda centang.
Untuk masuk ke pengaturan customisasi command manager, kita klik sub-menu paling bawah, yakni Customize CommandManager.
Kotak dialog Customize akan terbuka.
cust_menu
Pada kotak dialog Customize, kita bisa melakukan pengaturan berbagai menu hanya dengan menarik dan melepas menu yang diinginkan.

Menu Klik Kanan

Pada saat kita melakukan klik kanan dimanapun pada layar, akan selalu muncul pilihan Customize Menu pada bagian paling bawah. Kita dapat melakukan pengaturan dengan cara memilih Customize Menu tersebut.
Di bawah ini beberapa tempat yang dapat memunculkan Customize Menu pada saat di klik kanan.

Graphic Area

cust_menu

Feature Manager

cust_menu

 Command Manager

cust_menu

Summary

Customisasi menu membantu kita dalam mengatur interface yang paling dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan Solidworks. Hampir semua menu dapat diatur sesuai dengan keinginan masing-masing pengguna.
Semakin teratur menu yang biasa digunakan, semakin mudah dalam mengeksekusi perintah, semakin signifikan pengurangan waktu pengerjaan suatu desain menggunakan Solidworks.

Comments