Skill Penting yang Harus Dimiliki Seorang Engineer

Skill Penting yang Harus Dimiliki Seorang Engineer

Admin kai-bekasi

Jadi kamu baru saja menyelesaikan studi sarjana teknik, bukan? Selamat! Kamu yang telah berjuang selama empat sampai lima tahun di kampus teknik memang bukanlah hal yang mudah, jadi sudah sewajarnya kamu untuk berbangga diri. Namun jangan lupakan bahwa “real world” sedang menunggu dan kamu harus bisa membuat keputusan dengan cepat!
Psstt… kamu tahu tidak bahwa bidang teknik merupakan yang terkuat saat ini, karena itu perusahaan mencari lulusan teknik terbaik untuk mengisi kebutuhan pada berbagai bidang industri. Dalam kasus ini, kamu perlu pergi keluar untuk turut serta dalam mencari peluang yang terbuka.
Besarnya kesempatan di area khusus pada bidang teknik memiliki arti bahwa perusahaan menginginkan seseorang yang berkeinginan untuk menghadapi tantangan pada bidang pekerjaan yang ditawarkan. Masing-masing area memiliki kriteria khusus dalam mencari kandidat pekerja yang tepat. Sebagai contoh, Teknik kimia diharapkan memiliki keahlian dalam sebuah pemeriksaan lab dan teknik-teknik kimia, sedangkan bidang teknik industri akan mencari seseorang yang memiliki pengetahuan tentang desain database dan manajemen proses.
Berikut merupakan kualifikasi umum yang seorang perekrut harapkan ada dalam diri pencari kerja yang sedang berlomba-lomba mengisi bidang industri:

Tips Menjadi Seorang Karyawan Teknik yang Baik


Proficient pada Matematika dan Sains

Seorang engineer akan menghadapi banyak hal yang berhubungan dengan angka di pekerjaannya kelak dan penting jika mereka mampu mengaplikasikan prinsip matematika dan sains dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk menjawab pertanyaan ini, sekolah teknik memasukkan beberapa pelajaran seperti aljabar, kalkulus, geometri dan trigonometri dalam kurikulumnya. Aljabar dan kalkulus berfokus pada pemecahan masalah dan penemuan nilai sebuah elemen yang belum diketahui. Demikian pula geometri dan trigonometri menyediakan jawaban dari sebuah masalah yang melibatkan dunia fisika (hubungan antar permukaan, navigasi, dll.)
Bidang sains sebenarnya membantu seorang engineer untuk mencari tahu sebuah proses melalui investigasi dan metode ilmiah. Sebagai contoh, fisika menjelaskan sebuah pergerakan melalui studi tentang materi dan energy. Di sisi lain, engineer perlu memahami sistem kehidupan dan biologi, ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dapat menunjang aspek tersebut.

Kemampuan Komunikasi

Pada survei yang dilakukan oleh The American Society of Mechanical Engineers, responden memberikan penekanan yang kuat pada beberapa kemampuan di antaranya menulis, berbicara dan kemampuan presentasi sebagai hal penting untuk mencapai keberhasilan pada industri ini.
Seorang engineer bekerja dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang dan kepentingan yang bervariasi. Bekerja pada bidang yang sangat teknis seperti ini, mereka sering diharapkan untuk menyampaikan informasi mengenai pekerjaan melalui cara yang paling dapat dimengerti. Mampu berkomunikasi secara efektif menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan sanngat dicari.

Kemampuan Interpersonal

Seorang engineer seringkali bekerja dalam sebuah tim pada perusahaan-perusahaan besar dari berbagai latar belakang. Seorang insinyur yang baik mengetahui nilai dari kerjasama dan pentingnya sebuah kolaborasi di lapangan, sehingga keberadaan anggota tim merupakan hal yang krusial bagi kepala bidang.

Supel/ Fleksibel

Seorang engineer di masa yang akan datang harus memiliki kemampuan dalam menghadapi permintaan industri. Yang seringkali terjadi, engineer tidak menyadari adanya masalah yang terjadi pada suatu proyek sebelum masalah tersebut muncul secara tiba-tiba dan membutuhkan solusi saat itu juga. Memiliki kepribadian yang mampu beradaptasi juga merupakan hal yang dibutuhkan untuk berhasil pada bidang industri ini.

Sekarang kamu harus bertanya pada diri sendiri apakah kamu memiliki apa yang dibutuhkan untuk bisa bersaing di dunia teknik? Sebagai penutup, simak kalimat yang berasal dari Tony Risk, seorang berlatar belakang teknik sipil yang memiliki pengalaman 17 tahun bekerja pada industri ini akan menuntun kamu yang sedang melalui proses pencarian kerja: “Untuk menjadi seorang engineer kamu harus memiliki motivasi yang besar, kamu harus mengerjakan setiap proyek yang diletakkan di atas meja dan kerjakan secara teliti. Semakin banyak yang kamu kerjakan, maka semakin banyak yang akan kamu pelajari.”
Untuk kalian yang lulusan sarjana teknik, silakan ikuti tips di atas supaya kamu bisa bekerja sebagai engineer yang baik dan performa kamu maksimal! Silakan kamu berikan komentar di bawah yaa,

Comments